Himsetiadi’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Tips Menghindari Salah Bantal

Artikel ini dari suatu majalah yang pernah saya baca. Istilah “Salah Bantal” dikenal di masyarakat luas dan berhubungan dengan sakit leher atau pegal leher. Disebut demikian karena dianggap bahwa suatu rasa sakit pada leher saat bangun tidur dikarenakan tidur dengan letak bantal yang salah. Pendapat ini ada benarnya meskipun penyebabnya bisa bermacam-macam.

Dalam keadaan berdiri, letak kepala tepat diatas leher dan otot-otot leher selalu mengatur letak kepala. Seperti otot-otot lain, otot leher juga dapat mengalami cedera. Cedera otot bisa terjadi karena benturan (trauma) atau otot tersebut berkontraksi (bekerja) berlebihan. Cedera karena trauma biasanya dapat sembuh dalam beberapa hari. Bila yang terjadi adalah kontraksi berlebihan, otot leher dapat mengalami strain (putusnya serabut otot). Ini terkadang terjadi pada latihan fisik yang terlalu membebani leher.

Bila leher berada dalam posisi tertentu dalam jangka waktu lama, maka akan terjadi kontraksi otot yang berlebihan. Inilah yang terjadi pada kasus salah bantal, yaitu rasa sakit pada otot leher.

Beberapa hal penyebab salah bantal :

  • Bantal yang dipakai lebih besar/tebal dari biasanya sehingga leher terdorong ke posisi tertentu.
  • Bantal terbuat dari bahan yang tidak memenuhi syarat sehingga kepala terbenam dan seolah-olah tidak memakai bantal. Pada posisi ini, leher akan berkontraksi untuk menahan posisi tersebut sehingga akan menimbulkan rasa sakit
  • Tidur dan tanpa bantal. Posisi ini menyebabkan kepala tertarik berlebihan sehingga otot leher akan mengalami rasa sakit.
  • Salah bantal juga bisa disebabkan oleh angin malam. Misalnya hembusan kipas angin, AC, ataupun jendela yang terbuka. Hal yang terjadi di sini adalah pembuluh darah sekitar leher mengalami vasokonstriksi (mengerut, mengecil) sehingga otot-otot leher kekurangan pasokan darah dan terjadi rasa pegal otot.

 

Solusi mengatasi rasa sakit akibat salah bantal :

  • Leher digerak-gerakkan secara teratur dengan lembut, jangan kencang-kencang. Hal ini dapat merangsang pembuluh darah di sekitar leher supaya terbuka dan darah mengalir lebih banyak.
  • Dapat juga dilakukan pijatan di daerah yang sakit sehingga otot-otot akan menjadi lemas.
  • Bila perlu, boleh diolesi minyak gosok yang sifatnya panas sehingga pembuluh darah menjadi terbuka. Apabila sakitnya sangat berlebihan, boleh diberikan krim penghilang rasa sakit. Begitu pula dengan obat penghilang rasa sakit juga boleh dikonsumsi bila perlu.

 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari Salah Bantal :

  • Otot leher juga perlu dilatih seperti otot-otot tubuh lainnya, supaya cukup kuat.
  • Pilih bantal yang sesuai dengan kepala dan ukuran bahu. Bila bahu besar, diperlukan bantal yang cukup tebal.
  • Hindari pemakaian kipas angin ataupun AC yang terlalu kencang atau dingin karena dapat mempengaruhi aliran darah.

Semoga Artikel ini bisa membantu Anda …

Maret 29, 2009 - Posted by | info kesehatan

4 Komentar »

  1. saat ini gue pegal sakit sangat bahagian leher,belakang tulang belikat hingga ke siku , tangan kiri.
    tolong deh…………

    Komentar oleh mdzain mahmood | Mei 10, 2009 | Balas

  2. kalo sakit banget bisa diurut, tapi pelan2. bisa diolesin pake balsem gitu jg. trus lakukan streching2 gt. dulu gw jg pernah ngerasain kayak gitu jg. coba deh. semoga bisa bantu. Thx yo

    Komentar oleh Himawan Setiadi | Mei 13, 2009 | Balas

  3. aduh saya juga kena salah bantal nih…ada obat yg bisa diminum ga ya? selain pain kiler…

    Komentar oleh udin | Agustus 13, 2009 | Balas

    • bisa penghilang sakit. kadang minum neuro reumasil waktu aku skt leher baek loh. hehe. moga bisa membantu. trims

      Komentar oleh Himawan Setiadi | Agustus 13, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: