Himsetiadi’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Pentingnya Makanan Sehat

Takut gemuk, terlalu banyak pekerjaan, atau tidak merasa lapar merupak beberapa alasan yang melatar belakangi banyak orang makan tidak teratur. Selain melewati sarapan, tidak sedikit pula yang baru menyantap makan siang saat waktu telah menunjukkan pukul 3 sore.


Ternyata timbulnya rasa tidak lapar tidak bisa dispelekan begitu saja. Pasalnya, hal tersebut juga merupakan salah satu keluhan radang lambung ringan, seperti halnya sakit kepala, lemas, dan tidak enak badan jika pola makan tidak teratur. Memang, keluhan radang lambung ternyata tidak melulu berupa rasa sakit di ulu hati atau maag, seperti yang biasa kita ketahui. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, produktivitas kerja pun akan terganggu.

Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, pola makan yang tepat sangat dianjurkan, yaitu 3 kali makan besar dan 2-3 kali makan selingan. Dengan membiasakan diri untuk makan teratur, selain menghindari maag, juga untuk menjaga tingkat kadar gula dalam darah agar tidak terlalu turun. Hal itu disebabkan kadar gula darah akan menurun setelah 1,5-3 jam setelah makan tergantung makan yang dikonsumsi. Semakin mudah makanan diserap, maka semakin cepat pula kadar gula naik dan kembali turun. Jika tidak segera diberi asupan baru, kadar gula akan menurun secara menetap dan jika terus turun akan menimbulkan berbagai gangguan. Di antaranya adalah lemah, mengantuk, pusing, pucat, jantung berdebar, rasa dingin, bahkan dapat mengarah pada kondisi yang lebih fatal, seperti kehilangan kesadaran.

Tentu saja, bukan hanya jadwal makannya saja yang diatur tetapi juga memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi dalam hidangan sehari- hari. Hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, antara lain berat badan, usia, jenis kelamin, aktivitas, ataupun penyakit yang dimiliki. Mengikuti konsep 4 sehat 5 sempurna bisa dijadikan pedoman dengan porsi yang disesuaikan. Kalaupun ingin melakukan diet, lakukanlah diet sehat. Dalam arti bukan semata- mata mengurangi porsi, melainkan melakukan kombinasi makanan dan minuman secara tepat. Oleh karena itu, protein hewani dan nabati, karbohidrat, lemak, sayur, dan buah sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Jika tubuh sehat, produktivitas pun meningkat.

Maret 6, 2009 - Posted by | Asupan Nutrisi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: